Rabu, 13 Juni 2012

resume topik 9 budha di korea dan jepang


  • .Budha di korea
    Agama budha di korea pada tahun 372 M pada pemerintah kerajaan Gegureyo yang berasal dari dinasti Qin.  Peranan korea pada sejarah agama budha terletak pada kedudukan sebagai jembatan penyebrangan agama budha dari cina ke jepang.  Dan  masa keemasan budha di korea terjadi pada dinasti wang
    Agama budha dikorea jaman modern. Pada beberapa decadetelah menjadi kebangkitan kembali yang melibatkan upaya-upaya untuk menyesuaikan ajaran budha dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada masa masyarakat modern.
    B. agama budha di jepang
                    Awal masuknya budha ke jepang pada tahun 853 M abad ke 9 M.Sebelum Buddha Masuk, Kaisar pertama Jepang yang bernama Jimu Teno (kepala suku Yamato), sepakat untuk memeluk agama Shinto. Simbol yang melekat pada kekuasaan suku Yamato adalah cermin, permata dan pedang yang dilambangkan sebagai matahari, bulan dan kilat. Barula antara abadke-3 dan ke-6 jepang mulai menerima pengaru keagamaan dari luar khususnya korea, karena pada saat itu Jepang bermaksud untuk membentuk sebuah aliansi kedua Negara antara Jepang dan Korea.
     Pada tahun 604 M tepatnya pada masa pangeran Shotoku agama Buddha telah memasuki istana dengan kata lain Buddha menjadi agama Negara dan pada tahun 607 M klenteng pertama didirikan di Horyuji. Selanjutnya pada periode Asuka (592-628) masyarakat jepang berlomba-lomba mendirikan
    klenteng dan dapat dikatakan semua golongan masyarakat yang terpandang memeluk agama Buddha. Dan pada pemerintahan Nara (710-784) agama Buddha berkembang pesat. Pada periode Nara ini ditandai dengan munculnya beberapa sekte dalam agama Buddha di Jepang yaitu :
    jojisu
    1. kegon
    2. sanron
    3. hosso
    Yang termasuk sekte Mahayana:
    1. Jojisu
    2. Kusha
    3. Ritsu
    Yang termasuk sekte teravada:
    1. Saicho
    2. Kukai
    Memasuki abad ke 13 M terjadinya gejolak perselisihan dan perbuatan penguasa negara maka munculah sekte di jepang
    1. Sekte zen
    2. Sekte amida
    3. Sekte nicren sozu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar